Kamis, 17 Januari 2013

Mengenal Komponen Aktif dan Komponen Pasif Dalam Elektronika



Sebelumnya kita perlu tahu dahulu apa itu elektronika. Elektronika merupakan ilmu yang mempelajari tentang alat listrik arus lemah yang dioperasikan dengan cara mengontrol aliran elektron atau partikel bermuatan listrik dalam suatu peralatan elektronik. Elektronika merupakan cabang dari ilmu fisika. Sedangkan bentuk desain dari pembuatan sirkuit elektroniknya adalah bagian dari Teknik Komputer, Teknik Elektro, dan Ilmu Elektronika dan Instrumentasi.



Komponen elektronika dibagi menjadi dua, yaitu komponen aktif dan komponen pasif. Berikut akan saya jelaskan mengenai kedua komponen berikut. Mohon dipahami ya.

Komponen Aktif

Komponen aktif adalah komponen yang dapat mengakibatkan kenaikkan daya listrik didalam rangkaian dan mempunyai penguatan atau mengarahkan aliran arus listrik. Komponen ini harus memiliki sumber arus dan tegangannya sendiri untuk bisa beroperasi. Contoh komponen aktif yang saya ketahui:
  1. IC (Integreted Circuit) 
  2. thrystor
  3. Sensor 
  4. Tranducer
  5. Transistor


Komponen Pasif

Komponen pasif merupakan komponen yang tidak dapat mengakibatkan kenaikkan daya listrik didalam rangkaian, contoh-contoh komponen pasif adalah resistor, kapasitor, dan induktor. Komponen ini memerlukan sumber arus dan tegangan sendiri saat pengoperasiannya. Contoh komponen pasif yang saya ketahui seperti:
  1. Relay
  2. Dioda (Diode)
  3. Kapasitor
  4. Resistor

sumber : http://aranshare.blogspot.com/2012/11/mengenal-komponen-aktif-dan-komponen.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

berkomentarlah sebelum dilarang