Sabtu, 19 Januari 2013

Konsep Diri :)




Sebelum kita, membaca artikel ini saya akan memperkenalkan salah satu penunggu blog ini,, sebentar saya panggil dulu ;)
Goku- kuuuuuuuuuuuuuunnn........ !!!
Goku-kun : Cih, Jangan panggil aku tiba tiba !!


Rie-sensei: Aku tidak memanggilmu tiba tiba .ckckck . Mulai dari sekarang Goku-kun saya lantik jadi pemandu di dalam blog ini. Sensei mau istirahat dulu di gubug tersayang,,((siul.siul

Goku-kun: Apa ?!! 
Rie-sensei: Untuk materi kali ini, jelaskan saja tentang Konsep Diri !
[ Rie-sensei kemudian menghilang,,, BOOOOOFH]
Goku-kun: Konsep Diri?! Sepertinya aku mengetahuinya.. OK pemirsa, langsung saja cekidot.
Menurut Goku-kun, masalah masalah rumit  yang  dialami manusia, seringkali dan bahkan hampir semua sebenarnya berasal dari dalam diri. Percaya gak?! Kalau gak percaya, nih Goku-kun kasih tahu........
mereka itu atau manusia tanpa sadar menciptakan mata rantai masalah yang berakar dari problem konsep diri. Dengan kemampuan berfikir dan menilai, manusia malah suka menilai yang macam macam terhadap dirinya maupun orang lain dan bahkan meyakini persepsinya yang belum tentu objektifnya ( Hayoooo, bener kan..?)
Dari situlah muncul problem seperti Inferioritas (merasa rendah diri) kurang percaya diri, dan hobi mengkritik diri sendiri,((mmmh, semoga kita gak termasuk , yah. Kalau kamu merasa seperti itu,, wah, perlu diperbaiki tuh. ) artikel berikut  akan mengulas tentang konsep diri. Yah , sudah langsung mulai saja.... ( ( ini beneran mulai ,koq pemirsa. Ciyus deh
))))))))))))))) Konsep diri dapat didefinisikan secara umum. Sebagai keyakinan pandangan, atau penilaian seseorang terhadap dirinya, seseorang dikatakan memiliki konsep diri negatif jika ia meyakini dan memandang bahawa dirinya lemah, tidak berdaya, tidak dapat berbuat apa apa, tidak kompeten, tidak menarik, malang, gagal, tidak disukai dan kehilangan daya tarik terhadap hidup.
Orang dengan konsep diri negatif akan cenderung bersikap pesimis terhadap kehidupan dan kesempatan yang dihadapinya. Ia tidak melihat tantangan sebagai kesempatan namun lebih sebagai halangan. Orang dengan konsep diri negatif akan mudah menyerah sebelum berperang, dan jika gagal , akan ada 2 pihak yang disalahkan, entah itu menyalahkan diri sendiri atau menyalahkan orang lain. )))Goku-kun jadi teringat kata kata motivasi seperti ini.
“ Jika kamu gagal dalam merencanakan, berarti kamu sedang merencanakan kegagalan”
Terdengar aneh, memang. Yah tapi memang begitu,kn.
Sebaliknya dengan konsep diri yang positif akan terlihat optimis, penuh percaya diri dan selalu bersikap positif, penuh percaya diri dan selalu bersikap positif terhadap segala sesuatu juga terhadap kegagalan yang dialaminya, kegagalan bukan dipandang kematian namun lebih menjadikannya sebgai penemuan dan pelajaran berharga untuk melangkah kedepan. 
Oh, iya... Goku-kun sih lebih berpendapat kata “gagal” itu diganti dengan  “belum sukses” atau  “tidak sukses” )) yah,setidaknya ada kata sukses yang mengikuti, iya tho. Semoga dari situ kita lebih semangat menggapai sukses dan tidak terlalu jatuh dengan kata “gagal”
Orang dengan konsep diri positif akan mampu menghargai dirinya dan melihat hal hal positif yang dapat dilakukan demi keberhasilan masa depan. Sekian artikel bersama Goku-kun, Satu pesan dari Goku-kun “yuk, mulai hari ini kita jalani hari dengan penuh rasa optimis, semoga dengan rasa optimis kita, Allah menurunkan berjuta rahmat dan hidayah Nya kepada kita. Pemuda Islam harus SEMANGAT menjalani hidup. Kalau kata Cherrybelle kamu itu –Istimewaaa........”


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

berkomentarlah sebelum dilarang